I have another blog at fahmiramadhan.wordpress.com
TopBottom
Announcement: wanna exchange links? contact me at fr4mzzz@gmail.com.

Cara menghilangkan Ballon Pemeriksaan Sisa Kapasitas Hardisk

Posted by fr4mz at Minggu, Juli 26, 2009
Share this post:
Ma.gnolia DiggIt! Del.icio.us Yahoo Furl Technorati Reddit

Fuuh..beberapa hari yang lalu saya sempat menjadi "dokter" bagi laptop komputer teman saya. Dia baru saja membeli laptop baru dengan spek yang "wah" namun saya merasa heran ko pembagian partisinya aneh ya...hardisk tersebut dibagi menjadi 2 partisi, drive C diberi space 221 GB.. sedangkan drive D hanya diberi space sebesar 11 GB. Drive C ini diisi dengan windows vista beserta "tetek bengeknya" :D.. sedangkan drive D diisi dengan recovery windows vista yang besarnya cukup memakan ruang hardisk ~ yaitu sekitar 8 GB. Dengan pembagian partisi yang "tidak enak" itu otomatis teman saya kaget ketika tiba-tiba muncul ballon peringatan tentang kapasitas hardisk, karena drive D tersebut oleh teman saya diisi juga oleh foto-foto narsisnya beserta teman-temannya dan juga diisi beberapa installer dari tools yang diinstal di laptop tersebut, sehingga kapasitas 11 GB tersebut hanya tinggal beberapa MB untuk free space nya.

Pertama saya berhadapan dengan pasien (laptop) tersebut yaitu menggunakan prosedur yang sesuai yaitu dengan otak-atik registry...
1. Masuk ke HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer.
2. Kemudian klik [Edit] > [New] > [DWORD (32-Bit) Value]
3. Beri nama "NoLowDiskSpaceChecks"
4. Klik 2 kali pada DWORD value tersebut kemudian isikan dengan "1"
5. Setelah ngos-ngosan, masuk lagi ke HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced
6. Cari DWORD value bernama "EnableBallonTips","FolderContentsInfoTip", dan "StartButtonBallonTip"
7. Kalo DWORD tersebut gak ada, buat saja kemudian klik 2 kali dan isikan semuanya dengan "0"
8. Tutup jendela registry editor dan restart komputer anda. Simsalabim...

Pengalaman saya selanjutnya sepertinya tidak usah diceritakan, tapi berhubung pengalaman saya Open Source jadi yaa terpaksa deh... Setelah laptop itu idup lagi, saya langsung menuju Windows Explorer, namun...hh...the f**kin' ballon still on there...Saya check lagi siapa tau ada yang salah, mungkin kata2 "Tip" seharusnya "Tips" semua atau mungkin sebaliknya, saya coba dan berulang kali restart namun hasilnya tetap sama...ada apa gerangan...apa mungkin karena alamatnya hampir mirip CurrentVersion\Policies\Explorer dan CurrentVersion\Explorer, mungkin untuk step ke 5 saya masuk ke alamat yang salah sehingga gagal terus...(baru nyadar waktu nulis tulisan ini)... waktu itu I tried hard but the f**kin' ballon still smile @ me. Iseng2 coba instal partition magic, masalah baru dateng lagi.. udah diinstal ga kompatible, PM nya versi 8, ga bersahabat dengan vista. Hh.. di situasi yang mendesak (karena keburu magrib) akhirnya saya mencoba cara yang paling dan sangat ampuh... bikin folder di drive C...kemudian file-file selain recovery vista saya pindahkan ke folder tersebut.. saya bilang ke teman saya, yaa untuk sementara seperti ini saja dulu, klo udah ktemu Partition Magic yang cocok buat Vista, bikin partisi baru lagi, pindahin file2 ini ke partisi yang baru ntu. Ya untuk sementara seperti ini dulu daripada the f**kin' ballon smile terus... tul ga fren??? he...cara pamungkas... :D

Posting Komentar

Slider